cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi windows 10

cara atasi keyboard yang rusak tidak fungsi

Apakah Anda mengalami masalah dengan keyboard laptop Anda yang tidak berfungsi setelah memperbarui ke Windows 10? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan solusi mudah dan praktis untuk memperbaiki masalah tersebut. Keyboard laptop yang tidak berfungsi dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama jika Anda menggunakan laptop secara teratur untuk pekerjaan atau keperluan sehari-hari. Namun, dengan beberapa langkah sederhana yang akan kami jelaskan, Anda dapat memperbaiki keyboard laptop Anda dan kembali menggunakan laptop dengan normal.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mencoba beberapa langkah pemecahan masalah dasar terlebih dahulu. Pertama, pastikan bahwa keyboard laptop Anda tidak ada yang macet atau kotor. Seringkali, debu atau kotoran dapat masuk ke bawah tombol keyboard dan menyebabkan tombol tidak berfungsi dengan baik. Coba bersihkan keyboard dengan hati-hati menggunakan kain lembut dan sedikit cairan pembersih. Jika setelah membersihkan tombol keyboard masih tetap tidak berfungsi, kita dapat melanjutkan ke langkah-langkah berikutnya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi di Windows 10: Solusi Mudah dan Praktis!

Jika Anda sering menggunakan laptop, Anda mungkin pernah mengalami masalah dengan keyboard yang tidak berfungsi. Ini bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama jika Anda membutuhkan laptop untuk pekerjaan atau keperluan sehari-hari. Namun, jangan khawatir, ada beberapa solusi mudah dan praktis yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah tersebut.

Solusi pertama yang dapat Anda coba adalah dengan membersihkan keyboard laptop Anda. Kadang-kadang, debu atau kotoran dapat menghambat kinerja keyboard dan menyebabkannya tidak berfungsi dengan baik. Anda dapat menggunakan sikat kecil atau kain lembut yang sedikit basah dengan air atau cairan pembersih non-korosif untuk membersihkan setiap tombol keyboard secara hati-hati. Pastikan Anda membersihkan bagian bawah tombol juga. Setelah membersihkan keyboard, cobalah untuk menggunakannya kembali dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

BACA JUGA :  cara memperbaiki keyboard laptop yang error sebagian

Jika membersihkan keyboard tidak berhasil, solusi berikutnya adalah dengan memeriksa driver keyboard. Pergi ke “Device Manager” dengan mengklik kanan pada “Start” dan memilih “Device Manager” dari menu yang muncul. Di dalam “Device Manager”, cari dan perluas kategori “Keyboards”. Klik kanan pada keyboard yang tidak berfungsi dan pilih “Uninstall device”. Setelah itu, restart laptop Anda. Windows 10 akan secara otomatis menginstal ulang driver keyboard saat laptop dinyalakan kembali. Setelah proses ini selesai, periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

Jika kedua solusi di atas tidak berhasil, solusi lain yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan keyboard eksternal. Anda bisa menghubungkan keyboard eksternal melalui port USB pada laptop. Jika keyboard eksternal berfungsi dengan baik, ini menunjukkan bahwa masalahnya terletak pada keyboard internal laptop Anda. Dalam hal ini, Anda dapat membawa laptop Anda ke pusat layanan atau teknisi terpercaya untuk memeriksanya dan memperbaikinya.

Selain itu, pastikan juga untuk memperbarui sistem operasi Windows 10 Anda ke versi terbaru. Terkadang, masalah keyboard yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh bug atau masalah yang ada pada versi sebelumnya. Pergi ke “Settings” dan pilih “Update & Security”. Di dalam “Update & Security”, klik pada “Check for updates” untuk memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk sistem operasi Anda. Jika ada, instal pembaruan tersebut dan restart laptop Anda. Coba gunakan keyboard laptop setelah laptop dinyalakan kembali dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

BACA JUGA :  cara memperbaiki kursor laptop toshiba yang tidak bergerak

Pada akhirnya, jika masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi masih belum terpecahkan setelah mencoba solusi-solusi di atas, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari teknisi komputer yang berpengalaman. Mereka dapat membantu Anda mendiagnosis masalah yang lebih kompleks dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan menggunakan solusi-solusi di atas, Anda dapat memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi di Windows 10 dengan cara yang mudah dan praktis. Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat membersihkan keyboard dan konsultasikan masalah yang lebih serius kepada teknisi komputer yang terpercaya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel ini memberikan solusi mudah dan praktis untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi di Windows 10. Dalam dunia digital yang serba cepat seperti sekarang ini, memiliki keyboard laptop yang berfungsi dengan baik sangat penting. Namun, terkadang kita mengalami masalah dengan keyboard laptop kita, seperti tombol yang tidak merespons atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Jangan khawatir, Anda tidak perlu panik atau membawa laptop Anda ke tukang servis komputer. Artikel ini akan memberikan solusi yang mudah dan praktis untuk memperbaiki masalah keyboard laptop Anda.

BACA JUGA :  cara memperbaiki wifi laptop tidak muncul

Salah satu solusi yang bisa Anda coba adalah dengan membersihkan keyboard laptop Anda. Debu, kotoran, atau sisa makanan yang menempel di antara tombol keyboard bisa menjadi penyebab utama keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik. Anda dapat menggunakan kuas kecil atau sikat gigi bekas yang sudah dibersihkan untuk membersihkan antara tombol keyboard. Pastikan laptop Anda dalam keadaan mati dan hindari penggunaan cairan pembersih yang berlebihan yang bisa merusak keyboard. Setelah membersihkan keyboard, coba hidupkan laptop Anda dan periksa apakah keyboard sudah berfungsi dengan baik.

Jika membersihkan keyboard tidak memperbaiki masalah, Anda juga bisa mencoba mengupdate driver keyboard laptop Anda. Terkadang, masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi bisa disebabkan oleh driver yang tidak terupdate. Untuk mengupdate driver keyboard, Anda dapat mengunjungi situs resmi produsen laptop Anda dan mencari driver terkini untuk keyboard laptop. Setelah menemukan driver terkini, ikuti instruksi yang diberikan untuk menginstalnya. Setelah selesai menginstal driver terbaru, coba periksa apakah keyboard laptop sudah berfungsi dengan baik.

Related video of Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi di Windows 10: Solusi Mudah dan Praktis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button