Cara Melihat IP Address Komputer, Lengkap!

lihat ip address

Divrencomp – Halo Sobat! Kali ini Saya akan membahas artikel tentang Cara Melihat IP Address Komputer. Yuk disimak dan dibaca artikel dibawah ini!

Pengertian IP Address

Alamat IP adalah sekumpulan beberapa angka yang mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke Internet atau infrastruktur jaringan lainnya. Ini berfungsi seperti nomor rumah di sebuah alamat, karena memastikan bahwa data dikirim ke perangkat yang benar. Panjang string angka adalah dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

Fungsi IP Address

Saat Anda mengunjungi situs web, perangkat yang Anda gunakan perlu menemukan lokasi data situs web dan kemudian mengambil data dan menyajikannya kepada Anda.

Sudahkah Anda memasukkan alamat tempat tinggal lengkap dengan nomor untuk menerima paket e-commerce? Ya, kurang lebih begitulah cara kerja alamat IP ini.

Jadi dibandingkan dengan alamat IP, alamat IP adalah nomor rumah yang berfungsi untuk memastikan bahwa paket (data) dikirim ke rumah (perangkat) yang benar. Dengan kata lain, fungsi dari alamat IP adalah sebagai sarana komunikasi suatu perangkat agar permintaan diarahkan ke tujuan yang benar melalui jaringan.

BACA JUGA :  Cara Backup Whatsapp Android Ke Iphone

Jenis-Jenis IP Address

Terdapat dua jenis alamat IP yaitu; IPv4 dan IPv6. Oleh karena itu, alamat IP konsumen juga dibagi menjadi empat jenis, yaitu pribadi, publik, dinamis, dan statis.Berikut dibawah ini adalah mengenai tentang IPv4 dan IPv6.

IPv4

IPv4 adalah alamat IP yang paling banyak digunakan, dengan panjang 32 bit dan empat bagian (oktet) dipisahkan oleh titik. Nilai setiap oktet berkisar antara 0 hingga 255.

Dengan kemungkinan ini, dapat disimpulkan bahwa saat ini ada sekitar 4,3 miliar alamat IPv4 berbeda di dunia.

Contoh IPv4 adalah sebagai berikut:

  • 169.89.131246
  • 192.0. 2.146
  • 01.102.103.104

Karena ini adalah yang paling banyak digunakan, hampir semua sistem saat ini dapat menangani perutean IPv4 tanpa masalah. Juga, alamat IPv4 mendukung sebagian besar topologi jaringan karena awalan yang sederhana. Data dalam pada IPv4 bisa dengan baik untuk memastikan komunikasi yang aman antar jaringan.

IPv6

IPv6 adalah versi alamat IP yang lebih baru daripada IPv4, dimaksudkan untuk menggantikan IPv4 karena variasi IPv4 yang terbatas.

Jika IPv4 adalah 32 bit, IPv6 adalah 128 bit. Artinya, ada sekitar 340 undecillion (angka setelah digit pertama adalah 66!) alamat IPv6 yang berbeda.

IPv6 ditulis sebagai rangkaian huruf dan angka heksadesimal 16-bit, dipisahkan oleh titik dua. Jadi pada jenis alamat IP ini Anda akan menemukan huruf dari A sampai F.

BACA JUGA :  Ini Alasan kenapa HP dan Laptop Harus Dimatikan di Pesawat

Berikut adalah contoh untuk IPv6:

  • 2001:3FFE:9D38:FE75:A95A:1C48:50DF:6AB8
  • 2001:0db8:85a30000:0000:8a2e:0370:7334
  • 2001:db8:3333:4444:CCCC:DDDD:EEEE:FFFF

Dengan IPv6, perutean akan lebih efisien karena memungkinkan ISP untuk meminimalkan ukuran tabel perutean. IPv6 juga menggunakan Internet Protocol Security (IPsec), sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang otentikasi, kerahasiaan, dan integritas data.

Juga, IPv6 tidak memiliki checksum IP, sehingga pemrosesan paket lebih efisien dan didukung multicast. Akibatnya, aliran data dapat dikirim ke beberapa tujuan pada saat yang sama, menghemat bandwidth jaringan.

Cara Melihat IP Komputer

1. Cek IP Komputer Secara Online

Cara termudah untuk memeriksa IP komputer kita adalah dengan mengetik “What is my IP” di Google Chrome atau Mozilla Firefox. Setelah mengetik frasa ini, Anda akan melihat nomor alamat IP.

Dikutip dari PC Mag, cara ini hanya akan menampilkan informasi nomor alamat IP. Jika Anda ingin mengetahui informasi lain, seperti lokasi IP pengguna, jenis browser dan sistem operasi yang digunakan, Anda dapat memeriksanya melalui situs web iplocation.net dan whatismyip.com.

2. Cek IP Komputer Jaringan Melalui D-Link

Selain situs Iplocation dan Whatsismyip, Anda juga dapat memeriksa IP komputer Anda sendiri melalui D-Link. Untuk melihat caranya:

  • Untuk membuka halaman D-Link ini, Anda dapat mengaksesnya melalui alamat 192.168.0.101 atau 192.168.0.102.
  • Isi kolom username dengan “Admin” dan biarkan kolom password kosong, lalu tekan ‘Login’.
  • Buka tab ‘Informasi Perangkat’ di sebelah kiri layar.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian Pengaturan WAN/WAN Configuration.
  • Alamat IP akan terlihat di bawah tulisan ‘Alamat IP’.
BACA JUGA :  Rahasia Terungkap: Aktifkan WiFi Laptop Anda untuk Koneksi yang Optimal!

3. Cek IP Komputer Melalui CMD

Di bawah ini adalah cara cek IP komputer melalui CMD (Command Prompt) yang bisa dilakukan. Melalui fitur ini,juga bisa membantu anda untuk mengetahui dan melihat IP Address pada komputer atau laptop anda. Untuk lebih jelasnya lihat cara cek IP komputer di CMD:

  • Klik Start dan ketik Command Prompt di fiturpencarian.
  • Ketika halaman Command Prompt terbuka, ketik ipconfig dan tekan Enter.
  • Nanti akan muncul alamat IP pada baris ‘IPv4 Address’.

4.  Cek IP Komputer Lain di Mac

Tidak hanya pengguna Windows, Anda dapat memeriksa alamat IP di perangkat Apple. Berikut cara memeriksa IP komputer Mac, dikutip dalam Computer Hope:

  • Nyalakan komputer Mac Anda.
  • Jika sudah masuk pada layar dekstop, tekan gambar Apple di sudut kiri atas layar.
  • Cari dan pilih ‘System Preferences’ lalu pilih ‘Network’.
  • Klik pada jenis koneksi Internet yang digunakan. Koneksi yang aktif biasanya ditandai dengan titik hijau.
  • Setelah memilih jenis koneksi Internet yang digunakan, Anda akan melihat alamat IP di bawah tulisan ‘IPv4 Address’.

Nah,itulah beberapa Cara Melihat IP Address Komputer. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Liga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button