Cara membuka cadangan WA di google drive, restore data yang hilang!

divrencomputech – Apakah Anda pernah kehilangan riwayat chat penting di WhatsApp? Jangan khawatir, ada cara mudah untuk mengembalikannya dengan membuka cadangan WA di Google Drive. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah terperinci tentang cara membuka cadangan WA di Google Drive, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses kembali pesan, foto, dan video yang telah Anda cadangkan sebelumnya. Ikuti panduan ini dengan seksama dan Anda akan dapat mengembalikan riwayat chat Anda dalam waktu singkat. Mari kita mulai dengan langkah pertama yang perlu Anda lakukan.

Membuka Google Drive dan Masuk ke Akun Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Drive di perangkat Anda atau mengaksesnya melalui browser di komputer. Pastikan Anda telah masuk ke akun Google yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda untuk dapat mengakses cadangan yang telah Anda buat sebelumnya.

Untuk membuka Google Drive di perangkat Android, cari ikon Google Drive di layar beranda atau di dalam folder aplikasi. Ketuk ikon tersebut untuk membuka aplikasi.

Jika Anda menggunakan komputer, buka browser dan kunjungi situs web Google Drive di alamat https://drive.google.com. Setelah itu, pastikan Anda telah masuk ke akun Google Anda dengan memasukkan alamat email dan kata sandi yang terkait dengan akun WhatsApp Anda.

Setelah Anda berhasil masuk, Anda akan melihat beranda Google Drive dengan daftar file dan folder yang Anda miliki.

Langkah-Langkah:

  1. Buka aplikasi Google Drive di perangkat Anda atau kunjungi situs web Google Drive di browser komputer Anda.
  2. Masukkan alamat email dan kata sandi yang terkait dengan akun Google Anda.
  3. Klik tombol “Masuk” atau tekan tombol “Enter” pada keyboard Anda.
BACA JUGA :  Cara Backup Whatsapp Agar Data Tetap Aman Tanpa Repot!

Setelah Anda berhasil masuk, Anda siap melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mencari dan membuka cadangan WhatsApp di Google Drive.

Mencari Cadangan WhatsApp di Google Drive

Setelah Anda berhasil masuk ke akun Google Drive, langkah selanjutnya adalah mencari cadangan WhatsApp yang telah Anda simpan. Untuk melakukan ini, Anda perlu mencari folder khusus yang berisi file cadangan WhatsApp.

Di Google Drive, cari daftar folder di sebelah kiri layar. Gulir ke bawah dan cari folder bernama “WhatsApp”. Jika Anda tidak menemukannya, kemungkinan Anda belum pernah melakukan cadangan sebelumnya.

Jika Anda menemukan folder “WhatsApp”, klik pada folder tersebut untuk membukanya. Anda akan melihat daftar file-file yang ada di dalamnya.

Di dalam folder “WhatsApp”, Anda akan menemukan beberapa file dengan format nama yang mungkin terlihat seperti “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12”. File ini adalah file cadangan WhatsApp yang telah Anda simpan di Google Drive.

Langkah-Langkah:

  1. Di Google Drive, cari daftar folder di sebelah kiri layar Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari folder bernama “WhatsApp”.
  3. Jika Anda menemukan folder “WhatsApp”, klik pada folder tersebut untuk membukanya.
  4. Di dalam folder “WhatsApp”, Anda akan melihat daftar file-file cadangan WhatsApp.

Dengan langkah-langkah ini, Anda telah berhasil menemukan folder WhatsApp di Google Drive dan siap melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengakses file cadangan yang Anda inginkan.

Menemukan File Cadangan di Dalam Folder WhatsApp

Selanjutnya, setelah Anda membuka folder “WhatsApp” di Google Drive, langkah berikutnya adalah menemukan file cadangan yang ingin Anda buka. Di dalam folder ini, Anda akan menemukan beberapa file dengan format nama yang mungkin terlihat seperti “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12”.

Pilihlah file dengan tanggal yang sesuai dengan cadangan yang ingin Anda akses. Pastikan untuk memilih file yang paling baru agar Anda dapat mendapatkan riwayat chat WhatsApp yang paling terkini.

Ketika memilih file cadangan, perhatikan juga ekstensinya. File cadangan WhatsApp umumnya memiliki ekstensi “.db.crypt12”. Pastikan untuk memilih file dengan ekstensi yang sesuai untuk memastikan bahwa Anda dapat membuka dan mengakses isi file tersebut.

Langkah-Langkah:

  1. Buka folder “WhatsApp” di Google Drive.
  2. Pilihlah file dengan tanggal yang sesuai dengan cadangan yang ingin Anda akses.
  3. Perhatikan juga ekstensi file, pastikan memilih file dengan ekstensi “.db.crypt12”.

Dengan langkah-langkah ini, Anda telah berhasil menemukan file cadangan WhatsApp di dalam folder “WhatsApp” di Google Drive. Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengunduh dan mengekstrak file cadangan tersebut.

Mengunduh dan Mengekstrak File Cadangan

Setelah Anda berhasil menemukan file cadangan WhatsApp yang ingin Anda akses di Google Drive, langkah selanjutnya adalah mengunduh file tersebut ke perangkat Anda dan mengekstraknya untuk dapat mengakses isinya.

Untuk mengunduh file cadangan, klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi “Unduh” atau “Download”. File cadangan akan mulai diunduh ke perangkat Anda. Pastikan untuk menunggu hingga proses pengunduhan selesai sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

BACA JUGA :  Cara restore chat whatsapp, Kembalikan history dan data Chatting!

Setelah file cadangan selesai diunduh, Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “WA Reader” atau “Backuptrans Android WhatsApp Transfer” untuk mengekstrak file cadangan tersebut.

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi yang Anda pilih untuk mengekstrak file cadangan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih file cadangan yang telah diunduh sebelumnya, dan kemudian aplikasi akan melakukan proses ekstraksi untuk mengakses isi file tersebut.

Langkah-Langkah:

  1. Klik kanan pada file cadangan WhatsApp yang ingin Anda akses di Google Drive.
  2. Pilih opsi “Unduh” atau “Download” untuk mengunduh file cadangan ke perangkat Anda.
  3. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai.
  4. Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti “WA Reader” atau “Backuptrans Android WhatsApp Transfer” untuk mengekstrak file cadangan.
  5. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengekstrak file cadangan.

Dengan langkah-langkah ini, Anda telah berhasil mengunduh dan mengekstrak file cadangan WhatsApp. Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan ke langkah terakhir untuk mengembalikan riwayat chat WhatsApp Anda.

Mengembalikan Riwayat Chat WhatsApp

Setelah Anda berhasil mengekstrak file cadangan WhatsApp, langkah terakhir adalah mengembalikan riwayat chat WhatsApp Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang telah Anda gunakan sebelumnya.

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengimpor pesan, foto, dan video ke dalam aplikasi WhatsApp Anda. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan seksama agar proses pengembalian riwayat chat berjalan dengan lancar.

Setelah proses selesai, Anda dapat membuka aplikasi WhatsApp dan melihat kembali riwayat chat Anda seperti semula. Pesan, foto, dan video yang telah Anda cadangkan sebelumnya akan tersedia dan dapat diakses kembali.

Langkah-Langkah:

  1. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi pihak ketiga untuk mengimpor pesan, foto, dan video ke dalam aplikasi WhatsApp Anda.
  2. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan seksama.
  3. Setelah proses selesai, buka aplikasi WhatsApp.
  4. Anda akan dapat melihat kembali riwayat chat WhatsApp Anda seperti semula.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mengembalikan riwayat chat WhatsApp Anda menggunakan cadangan yang telah Anda simpan di Google Drive. Sekarang Anda dapat kembali mengakses pesan-pesan penting, foto, dan video yang telah Anda cadangkan sebelumnya.

10 Pertanyaan Paling Populer tentang Cara Membuka Cadangan WA di Google Drive

  1. Bagaimana cara membuka cadangan WhatsApp di Google Drive?

    Untuk membuka cadangan WhatsApp di Google Drive, buka aplikasi Google Drive atau akses melalui browser. Pastikan Anda masuk ke akun Google yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda. Cari folder “WhatsApp” di Google Drive dan pilih file cadangan yang ingin Anda akses. Unduh file tersebut, lalu gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengekstrak isi cadangan.

  2. Apakah saya dapat membuka cadangan WhatsApp tanpa Google Drive?

    Tidak, untuk membuka cadangan WhatsApp, Anda memerlukan akses ke Google Drive. Cadangan WhatsApp secara otomatis disimpan di Google Drive jika Anda telah mengaktifkan fitur cadangan di aplikasi WhatsApp. Jika Anda tidak menggunakan Google Drive, Anda tidak akan dapat mengakses cadangan WhatsApp.

  3. Bagaimana cara mengunduh file cadangan WhatsApp dari Google Drive?

    Untuk mengunduh file cadangan WhatsApp dari Google Drive, buka folder “WhatsApp” di Google Drive. Klik kanan pada file cadangan yang ingin Anda unduh, lalu pilih opsi “Unduh” atau “Download”. File cadangan akan diunduh ke perangkat Anda dalam format yang dapat diakses.

  4. Apa yang harus saya lakukan setelah mengunduh file cadangan WhatsApp?

    Setelah mengunduh file cadangan WhatsApp, Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “WA Reader” atau “Backuptrans Android WhatsApp Transfer” untuk mengekstrak file tersebut. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengekstrak dan mengakses isi file cadangan tersebut.

  5. Apakah saya dapat membuka cadangan WhatsApp di iPhone?

    Ya, Anda dapat membuka cadangan WhatsApp di iPhone. Namun, cara membuka cadangan WhatsApp di iPhone sedikit berbeda. Anda perlu menggunakan aplikasi yang kompatibel dengan iPhone, seperti “iPhone Backup Extractor” atau “iMobie PhoneRescue”, untuk mengekstrak dan mengakses isi file cadangan WhatsApp.

  6. Bagaimana cara mengembalikan riwayat chat WhatsApp setelah membuka cadangan di Google Drive?

    Setelah membuka cadangan di Google Drive, Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung impor cadangan WhatsApp. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengimpor pesan, foto, dan video ke aplikasi WhatsApp Anda. Riwayat chat WhatsApp akan dikembalikan setelah proses impor selesai.

  7. Bisakah saya membuka cadangan WhatsApp tanpa mengunduhnya?

    Tidak, Anda perlu mengunduh file cadangan WhatsApp dari Google Drive sebelum dapat membukanya. Mengunduh file cadangan diperlukan agar Anda dapat mengakses isi file dan mengembalikan riwayat chat WhatsApp.

  8. Apa yang harus dilakukan jika saya tidak menemukan folder “WhatsApp” di Google Drive?

    Jika Anda tidak menemukan folder “WhatsApp” di Google Drive, kemungkinan Anda belum pernah melakukan cadangan WhatsApp sebelumnya. Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur cadangan di aplikasi WhatsApp dan melakukan cadangan secara reguler agar folder “WhatsApp” muncul di Google Drive.

  9. Apakah saya perlu membayar untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuka cadangan WhatsApp?

    Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin menawarkan versi gratis dan berbayar. Versi gratis biasanya memiliki batasan fitur atau iklan. Namun, untuk mengakses semua fitur dan fungsionalitas, Anda mungkin perlu membeli versi berbayar dari aplikasi tersebut.

  10. Apakah ada risiko kehilangan data saat membuka cadangan WhatsApp di Google Drive?

    Pada umumnya, tidak ada risiko kehilangan data saat membuka cadangan WhatsApp di Google Drive. Namun, selalu disarankan untuk membuat salinan cadangan file sebelum melakukan proses apa pun. Dengan begitu, jika terjadi kesalahan atau masalah teknis, Anda masih memiliki salinan cadangan yang dapat dipulihkan.

BACA JUGA :  Cara Telponan WA di Laptop, Mudah dan Praktis!

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara membuka cadangan WA di Google Drive dengan langkah-langkah yang terperinci. Dari membuka Google Drive dan mencari cadangan WhatsApp hingga mengunduh dan mengekstrak file cadangan, serta mengembalikan riwayat chat WhatsApp, Anda sekarang memiliki panduan yang jelas untuk mengakses kembali pesan-pesan penting Anda.

Ingatlah untuk selalu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terpercaya dan mengikuti petunjuk dengan seksama saat mengakses file cadangan WhatsApp. Pastikan juga untuk secara teratur melakukan cadangan WhatsApp Anda untuk memastikan keamanan dan ketersediaan riwayat chat Anda di masa mendatang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengembalikan riwayat chat WhatsApp melalui cadangan di Google Drive. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar, Anda dapat dengan mudah mengakses kembali pesan-pesan berharga dan memulihkan riwayat chat WhatsApp Anda dalam waktu singkat.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button