cara memperbaiki baterai laptop 0 available (plugged in charging )

maxresdefault 7

Apakah Anda sedang kesulitan dengan baterai laptop yang tidak tersedia atau tidak terisi? Jangan khawatir, karena artikel ini akan memberikan solusi mudah untuk memperbaiki masalah tersebut. Baterai laptop yang tidak tersedia atau tidak terisi dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama ketika Anda membutuhkan laptop dalam keadaan siap pakai.

Terkadang, laptop tidak dapat mendeteksi baterai yang terpasang atau tidak bisa mengisi daya ke baterai. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masalah dengan kabel pengisi daya, kerusakan pada baterai, atau masalah pada perangkat lunak laptop. Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah ini.

Solusi Mudah Memperbaiki Baterai Laptop 0 Tersedia (Terhubung dan Sedang Diisi)

Baterai laptop yang tidak tersedia atau menunjukkan angka 0 pada persentase baterai dapat menjadi masalah yang menjengkelkan. Namun, jangan khawatir! Terdapat beberapa solusi mudah yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah ini.

1. Restart Laptop Anda

BACA JUGA :  cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi windows 10

Solusi pertama yang dapat Anda coba adalah dengan merestart laptop Anda. Cukup tutup semua program yang sedang berjalan dan restart laptop Anda. Setelah laptop menyala kembali, periksa apakah persentase baterai sudah terbaca dengan benar.

2. Periksa Koneksi Baterai

Baterai yang tidak tersedia mungkin disebabkan oleh koneksi yang tidak stabil antara baterai dan laptop Anda. Matikan laptop Anda, lepaskan baterai dari laptop, dan bersihkan koneksi baterai dengan lembut menggunakan kain yang lembab. Pastikan juga bahwa koneksi baterai terpasang dengan baik saat Anda memasangnya kembali ke laptop.

3. Perbarui Driver Baterai

Kadang-kadang, masalah dengan persentase baterai dapat disebabkan oleh driver baterai yang tidak terbarui. Untuk memperbaikinya, buka Device Manager di laptop Anda. Cari “Batteries” dan perluas kategori tersebut. Klik kanan pada “Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery” dan pilih “Update driver”. Tunggu proses pembaruan selesai dan periksa apakah persentase baterai sudah terbaca dengan benar setelahnya.

4. Kalibrasi Ulang Baterai

Kalibrasi ulang baterai dapat membantu memperbaiki masalah persentase baterai yang tidak akurat. Matikan laptop Anda dan biarkan baterai terhubung ke laptop. Biarkan baterai terisi penuh tanpa menggunakannya selama beberapa jam. Setelah itu, nyalakan laptop dan biarkan baterai habis hingga laptop mati. Biarkan baterai terhubung ke laptop dan biarkan laptop mati selama beberapa jam. Setelah itu, nyalakan kembali laptop dan periksa apakah persentase baterai sudah terbaca dengan benar.

BACA JUGA :  keyboard laptop tidak berfungsi lenovo

5. Ganti Baterai

Jika semua solusi di atas tidak berhasil memperbaiki masalah, mungkin sudah saatnya Anda mengganti baterai laptop Anda. Baterai yang sudah tua atau rusak mungkin tidak dapat membaca persentase baterai dengan benar. Pastikan untuk membeli baterai yang kompatibel dengan laptop Anda dan ikuti petunjuk penggantian yang disediakan oleh produsen.

Demikianlah beberapa solusi mudah untuk memperbaiki baterai laptop yang tidak tersedia atau menunjukkan angka 0 pada persentase baterai. Cobalah solusi di atas satu per satu dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi. Jika masalah masih berlanjut, sebaiknya hubungi penyedia layanan teknis untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Ini adalah artikel yang memberikan solusi mudah untuk memperbaiki baterai laptop yang tidak tersedia, terhubung, atau sedang diisi. Dalam dunia yang sangat tergantung pada teknologi ini, memiliki baterai laptop yang berfungsi dengan baik sangatlah penting. Terkadang, kita mungkin menghadapi masalah dengan baterai laptop kita, seperti tidak ada tanda daya atau tidak terhubung. Namun, jangan khawatir, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini.

BACA JUGA :  cara mengatasi laptop error saat dihidupkan

Pertama, pastikan Anda menggunakan kabel pengisi daya yang benar dan cocok dengan laptop Anda. Beberapa kabel pengisi daya mungkin tidak kompatibel dengan laptop Anda, yang dapat menyebabkan masalah baterai. Jika Anda sudah menggunakan kabel pengisi daya yang benar, cobalah untuk mencolokkannya ke soket listrik yang berbeda. Terkadang, masalah baterai dapat disebabkan oleh masalah pada soket listrik.

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Anda juga dapat mencoba untuk mengatur ulang pengaturan baterai laptop Anda. Cari opsi pengaturan baterai di laptop Anda dan pastikan pengaturannya sesuai dengan preferensi Anda. Ada juga beberapa perangkat lunak yang dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan baterai laptop Anda. Jika semua langkah ini tidak berhasil, ada kemungkinan masalahnya lebih serius dan Anda mungkin perlu membawa laptop Anda ke bengkel atau meminta bantuan dari teknisi profesional.

Related video of Solusi Mudah Memperbaiki Baterai Laptop 0 Tersedia (Terhubung dan Sedang Diisi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button