cara memperbaiki baterai laptop 0 available (plugged in charging ) windows 10

maxresdefault 9

Jika Anda adalah pengguna laptop yang menggunakan Windows 10, Anda mungkin pernah mengalami masalah baterai laptop yang tidak mau mengisi (plugged in charging). Masalah ini bisa sangat menjengkelkan dan dapat mengganggu produktivitas Anda. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah ini dan mengembalikan fungsi baterai laptop Anda seperti semula.

Salah satu langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa kabel pengisi daya dan stop kontak yang Anda gunakan. Pastikan kabel pengisi daya tidak rusak atau terlipat, dan pastikan juga stop kontak yang Anda gunakan berfungsi dengan baik. Terkadang, masalah baterai yang tidak mau mengisi bisa disebabkan oleh kabel pengisi daya yang rusak atau terputus. Jika Anda menemukan ada kerusakan pada kabel pengisi daya, segera gantilah dengan yang baru.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk mengganti pengaturan daya di laptop Anda. Buka Control Panel, pilih Hardware and Sound, lalu pilih Power Options. Di sini, Anda dapat menyesuaikan pengaturan daya sesuai kebutuhan Anda. Pastikan bahwa opsi “Plugged in” pada pengaturan daya yang Anda gunakan tidak menghentikan pengisian baterai. Anda juga bisa mencoba untuk mengatur ulang pengaturan daya ke pengaturan default jika sebelumnya Anda telah melakukan perubahan pada pengaturan daya.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mau Mengisi (Plugged in Charging) pada Windows 10

Jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, mungkin Anda pernah mengalami masalah di mana baterai laptop tidak mau mengisi meskipun sudah terhubung ke sumber daya (Plugged in Charging). Masalah ini cukup umum terjadi dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, jangan khawatir, Anda dapat mencoba beberapa langkah sederhana untuk memperbaiki masalah ini.

BACA JUGA :  cara memperbaiki keyboard laptop yang error windows 10

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa koneksi fisik antara laptop dan adaptor daya. Pastikan adaptor daya terhubung dengan baik ke laptop dan sumber listrik. Kadang-kadang, masalah ini mungkin terjadi karena koneksi yang longgar atau rusak.

Jika koneksi fisik terlihat baik, langkah selanjutnya adalah memeriksa pengaturan daya pada laptop Anda. Buka Control Panel dan pilih “Power Options”. Pastikan pengaturan daya berada dalam mode “Plugged in” atau “Balanced”. Jika pengaturan daya berada dalam mode “Power Saver”, baterai mungkin tidak akan mengisi meskipun terhubung dengan adaptor daya.

Jika langkah tersebut tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghapus driver baterai pada laptop Anda. Buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih Device Manager dari menu yang muncul. Cari kategori “Batteries” dan perluasnya. Klik kanan pada “Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery” dan pilih “Uninstall device”. Setelah itu, restart laptop Anda. Windows akan menginstal ulang driver baterai setelah restart.

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas baterai masih tidak mau mengisi, kemungkinan besar baterai Anda mengalami kerusakan fisik atau sudah habis umur. Dalam hal ini, disarankan untuk mengganti baterai dengan yang baru.

BACA JUGA :  cara mengatasi wifi laptop tanda seru windows 10

Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa tips yang dapat Anda coba untuk memperpanjang masa pakai baterai laptop Anda. Pertama, hindari penggunaan laptop saat terhubung dengan adaptor daya jika baterai sudah terisi penuh. Hal ini dapat membantu mencegah baterai overcharging yang dapat merusak daya simpan baterai. Kedua, hindari penggunaan laptop pada suhu yang terlalu panas. Suhu yang tinggi dapat mempercepat degradasi baterai. Pastikan laptop Anda memiliki ventilasi yang baik dan tidak terlalu panas saat digunakan.

Dalam kesimpulan, masalah baterai laptop yang tidak mau mengisi (Plugged in Charging) pada Windows 10 dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, masalah ini dapat diatasi. Pastikan untuk memeriksa koneksi fisik, pengaturan daya, dan mencoba menghapus driver baterai terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengganti baterai. Selain itu, selalu perhatikan tips untuk memperpanjang masa pakai baterai laptop Anda agar dapat digunakan lebih lama.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mau mengisi (plugged in charging) pada Windows 10. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut dan kembali menggunakan laptop dengan normal. Namun, perlu diingat bahwa setiap laptop memiliki perbedaan, jadi mungkin ada cara lain yang lebih cocok untuk laptop Anda. Jika masalah masih berlanjut, disarankan untuk menghubungi teknisi terpercaya atau layanan pelanggan produsen laptop Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

BACA JUGA :  cara mengatasi wifi tidak terdeteksi di laptop windows 10

Tetapi sebelum Anda melakukan langkah-langkah perbaikan, ada baiknya untuk memeriksa apakah baterai Anda masih dalam garansi. Jika baterai masih dalam garansi, sebaiknya bawa ke tempat service resmi agar tidak merusak garansi tersebut. Namun, jika baterai sudah melewati masa garansi, Anda dapat mencoba melakukan beberapa tips di atas untuk memperbaikinya sendiri. Selain itu, perhatikan juga kondisi dan penggunaan laptop secara keseluruhan. Terkadang, masalah baterai juga dapat disebabkan oleh faktor lain seperti overcharging atau suhu yang terlalu panas.

Memperbaiki baterai laptop yang tidak mau mengisi memang bisa menjadi tantangan, tetapi dengan pengetahuan dan tips yang tepat, Anda dapat mengatasinya dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi baterai dengan baik dan melakukan perawatan secara rutin agar baterai laptop Anda tetap awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memperbaiki masalah baterai laptop yang tidak mau mengisi pada Windows 10. Selamat mencoba!

Related video of Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mau Mengisi (Plugged in Charging) pada Windows 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button