Cara Mengatasi Kerusakan Laptop Layar Blank Hitam Tapi Hidup Indikator Powernya

laptop blank hitam tapi mesin menyala

divrencomputech.com| Laptop Blank hitam adalah Salah satu kerusakan laptop yang sering ditemukan

Layar laptop blank hitam tapi hidup indikator lampu led nya atau tidak ada tampilan sama sekali sedangkan mesin menyala ditandai dengan indikator atau lampu LED menyala normal.

Penyebab Umum Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Penyebab kerusakan ini bermacam macam, bisa karena laptop habis jatuh, engsel laptop yang patah sehingga ketika membuka laptop kabel flexibel sering terjepit, atau kadang juga terjadi secara tiba tiba tanda ada gejala yang patut dicurigai sebelumnya.

Kerusakan laptop layar blank hitam ini ditemukan pada semua merk laptop tidak hanya terfokus pada satu tipe saja untuk memperbaiki kerusakan seperti ini maka perlu pengecekan pada beberapa komponen laptop.

Kerusakan laptop layar blank hitam biasanya disebabkan oleh beberapa hal penting untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh agar tidak salah dalam jam pengerjaannya

Berikut beberapa komponen yang menyebabkan layar laptop blank hitamĀ  :

Perangkat Lunak (Driver) yang Korup atau Tidak Cocok

Perangkat lunak atau driver yang tidak cocok atau mengalami korupsi adalah penyebab umum lainnya dari masalah layar laptop yang tetap hitam meskipun laptop menyala. Driver yang tidak sesuai dengan sistem operasi atau versi perangkat keras tertentu dapat mengakibatkan ketidakstabilan sistem, termasuk masalah dengan tampilan layar.

Penyebab: Ketidakcocokan driver atau korupsi biasanya terjadi karena beberapa alasan. Ini bisa terjadi setelah pembaruan sistem operasi, instalasi perangkat keras baru, atau karena kesalahan dalam proses instalasi driver.

Solusi:

  1. Update Driver: Langkah pertama yang dapat Anda ambil adalah mencoba memperbarui driver kartu grafis Anda. Banyak masalah dapat diselesaikan dengan menginstal versi terbaru dari driver yang kompatibel dengan sistem operasi Anda.
  2. Instalasi Ulang Driver: Jika pembaruan driver tidak memperbaiki masalah, Anda dapat mencoba untuk menghapus driver yang sudah terinstal dan menginstalnya kembali. Kadang-kadang, instalasi ulang dapat mengatasi masalah karena menghapus kesalahan atau kerusakan yang terjadi selama proses instalasi sebelumnya.
  3. Fitur Safe Mode : Cobalah untuk boot ke dalam Mode Safe dan periksa apakah masalah masih ada. Mode Safe memuat sistem operasi dengan setelan dasar dan driver minimum, sehingga dapat membantu Anda menentukan apakah driver menyebabkan masalah.
  4. Fitur System Recovery: Jika masalah terjadi setelah pembaruan sistem operasi atau instalasi perangkat keras baru, Anda dapat mencoba melakukan pemulihan sistem ke titik waktu sebelum masalah terjadi. Ini akan mengembalikan sistem ke konfigurasi yang lebih stabil.
  5. Update Windows: Terkadang, masalah layar hitam bisa disebabkan oleh kegagalan sistem operasi. Pastikan sistem operasi Anda diperbarui dengan pembaruan terbaru untuk memperbaiki bug atau kesalahan yang mungkin terjadi.

Kerusakan pada bagian firmware atau BIOS

Kerusakan pada bagian firmware atau BIOS (Basic Input Output System) bisa menjadi penyebab lain dari masalah layar laptop yang tetap hitam meskipun laptop menyala. BIOS bertanggung jawab untuk menginisialisasi perangkat keras saat laptop dinyalakan. Jika terjadi kerusakan pada bagian ini, dapat mengakibatkan gangguan pada proses booting dan tampilan layar.

Penyebab: Kerusakan pada bagian firmware atau BIOS dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk pembaruan firmware yang gagal, listrik statis yang tidak dihindari, atau kerusakan perangkat keras.

BACA JUGA :  Servis AXIOO RNE Mati Total

Solusi:

  1. Reset BIOS: Cobalah untuk melakukan reset pada BIOS laptop Anda. Ini dapat dilakukan dengan cara melepas baterai CMOS atau menggunakan jumper yang ada di motherboard laptop Anda. Langkah ini akan mengembalikan pengaturan BIOS ke konfigurasi awal dan dapat membantu memperbaiki masalah yang terkait dengan konfigurasi yang salah atau rusak.
  2. Update BIOS : Jika masalah terjadi setelah pembaruan firmware yang gagal, Anda dapat mencoba untuk menginstal ulang atau memperbarui firmware laptop Anda. Pastikan untuk mengikuti instruksi dengan hati-hati dan menggunakan versi firmware yang benar sesuai dengan model laptop Anda.

Kerusakan pada bagian firmware atau BIOS dapat menjadi penyebab yang cukup sering dari Kerusakan Laptop Layar Blank Hitam Tapi Hidup Indikator Powernya

Kerusakan pada RAM atau Slot RAM

Masalah pada RAM atau slot RAM adalah salah satu penyebab umum lainnya dari layar laptop yang tetap hitam meskipun laptop menyala. RAM bertanggung jawab untuk menyimpan data sementara dan memproses informasi saat laptop berjalan.

Masalah dengan komponen ini dapat mengganggu proses booting dan menyebabkan gangguan pada tampilan layar.

Penyebab: Masalah pada RAM atau slot RAM bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kotoran yang terperangkap di dalam slot, koneksi yang longgar, atau kerusakan fisik pada modul RAM itu sendiri.

Solusi:

  1. Periksa Kondisi Fisik: Langkah pertama adalah memeriksa kondisi fisik modul RAM dan slot RAM. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang terperangkap di dalam slot, dan pastikan modul RAM terpasang dengan benar dan tidak longgar.
  2. Bersihkan Slot RAM: Jika ada tanda-tanda kotoran atau debu di dalam slot RAM, gunakan kompresor udara atau kuas lembut untuk membersihkannya dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan pembersih yang keras atau cairan yang dapat merusak komponen.
  3. Reposisi atau Ganti Modul RAM: Cobalah untuk melepas dan memasang kembali modul RAM dengan hati-hati. Kadang-kadang, reposisi modul RAM dapat membantu memperbaiki kontak yang longgar atau tidak tepat. Jika masalah masih ada, Anda bisa mencoba mengganti modul RAM dengan yang baru.
  4. Tes menggunakan RAM Lain: Jika Anda memiliki modul RAM cadangan atau dapat meminjam dari teman atau keluarga, cobalah untuk menggantinya dan lihat apakah masalahnya teratasi. Ini dapat membantu Anda menentukan apakah masalah terletak pada modul RAM atau bukan.
  5. Periksa Kompatibilitas: Pastikan modul RAM yang Anda gunakan kompatibel dengan laptop Anda. Memasang modul RAM yang tidak cocok dapat menyebabkan masalah dengan booting dan kinerja sistem secara keseluruhan.

Kerusakan pada VGA atau Prosesor

Kerusakan pada kartu grafis (VGA) atau prosesor juga dapat menjadi penyebab dari layar laptop yang tetap hitam meskipun laptop menyala. VGA bertanggung jawab untuk menghasilkan sinyal video yang ditampilkan pada layar, sedangkan prosesor merupakan otak utama dari laptop yang menangani berbagai tugas pemrosesan.

Penyebab: Kerusakan pada VGA atau prosesor dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti overheat yang berlebihan, konslet listrik, atau kegagalan hardware yang mendasari.

Solusi:

  1. Pembersihan dan Pendinginan: Pastikan laptop Anda memiliki ventilasi yang baik dan bersih dari debu yang dapat menyebabkan overheating. Gunakan pendingin tambahan jika diperlukan dan pastikan kipas pendingin berfungsi dengan baik.
  2. Perbaikan atau Penggantian: Jika Anda memiliki pengetahuan tentang perbaikan mainboard, Anda dapat mencoba memeriksa kartu grafis atau prosesor untuk melihat apakah ada kerusakan fisik atau komponen yang lepas. Namun, perbaikan ini memerlukan kehati-hatian ekstra dan pengetahuan teknis yang mendalam.
  3. Disable VGA: Pada beberapa type laptop yang meiliki dual VGA dimungkinkan untuk men-disable Chip VGA dan menggunakan fitur VGA pada procesor sebagai salah satu langkah untuk menganalisa letak kerusakan yang menyebabkan layar laptop blank hitam
  4. Perbarui Driver atau Firmware: Kadang-kadang, masalah pada kartu grafis atau prosesor dapat diselesaikan dengan memperbarui driver atau firmware. Pastikan untuk mengunduh versi yang tepat dan kompatibel dengan sistem operasi dan perangkat keras Anda.
BACA JUGA :  Cara Melihat Tipe Laptop Lengkap Semua Merek

Kerusakan pada VGA atau prosesor dapat menjadi tantangan yang rumit dalam perbaikan laptop.

Kerusakan Kabel Flexibel

Kerusakan pada kabel fleksibel adalah salah satu penyebab umum lain dari layar laptop yang tetap hitam meskipun laptop menyala. Kabel fleksibel bertanggung jawab untuk menghubungkan mainboard dengan layar dan mengirimkan sinyal video. Jika terjadi kerusakan pada kabel ini, dapat mengganggu transmisi sinyal dan menyebabkan tampilan layar menjadi hitam.

Penyebab: Kerusakan pada kabel fleksibel dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti lipatan berulang, tekanan berlebihan, atau keausan akibat penggunaan yang berkepanjangan.

Solusi:

  1. Pemeriksaan Visual: Langkah pertama adalah memeriksa kabel fleksibel secara visual. Periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti retakan, sobekan, atau lipatan yang tidak wajar. Pastikan juga koneksi pada kedua ujung kabel fleksibel terpasang dengan benar.
  2. Penggantian Kabel: Jika Anda menemukan kerusakan pada kabel fleksibel, langkah selanjutnya adalah menggantinya dengan yang baru. Pastikan untuk membeli kabel pengganti yang sesuai dengan model laptop Anda dan mengikuti petunjuk pemasangan dengan hati-hati.
  3. Tes Menggunakan layar eksternal: kerusakan flexibel dapat di analisa dengan menghubugkan laptop ke layar eksternal mengunakan port VGA atau pun HDMI, jika pada monitor eksternal lapotp dapat tampil dengan normal bisa di sumsikan lebih tegas bahwa kemungkinan besar kabel flexibel nya rusak

Kerusakan pada kabel fleksibel adalah masalah yang relatif umum pada laptop. Penting untuk menanggapi tanda-tanda kerusakan dengan cepat dan menggantinya jika diperlukan.

Kerusakan Layar

Kerusakan pada layar merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop. Meskipun laptop menyala, namun layar tetap hitam bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada komponen-komponen yang terkait dengan tampilan visual.

Penyebab: Kerusakan layar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kabel fleksibel yang rusak, kerusakan pada panel layar, inverter yang bermasalah, atau masalah pada kartu grafis.

Solusi:

  1. Periksa Panel Layar: Periksa kondisi panel layar untuk melihat apakah ada retakan atau kerusakan fisik lainnya. Jika panel layar rusak, penggantian panel mungkin diperlukan.
  2. Periksa Inverter (JIKA ADA): Inverter bertanggung jawab untuk mengatur kecerahan layar. Jika layar tetap hitam meskipun laptop menyala, inverter mungkin bermasalah. Periksa inverter dan ganti jika diperlukan.

Kerusakan layar pada laptop bisa menjadi masalah yang kompleks dan memerlukan penanganan yang hati-hati.

    Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam

    Langkah langkah berikut ini untuk mengatasi kerusakan layar laptop blank hitam :

    Di divrencomputer jika mendapati kerusakan laptop blank hitam berikut SOP yang akan dilakukan , secara umum bisa dilakukan sendiri cukup punya sedikit keberanian untuk mencoba dirumah

    Langkah #1 Cabut Pasang Baterai

    Langkah pertama bisa dilakukan mencabut baterai dan membiarkannya beberapa saat kemudian memasang kembali ini adalah langkah mudah yang bisa dilakukan namun sering juga berhasil mengatasi permasalahan laptop blank hitam

    BACA JUGA :  cara mengatasi laptop layar hitam hanya ada kursor

    Langkah #2 Bersihkan Memori (RAM)

    Pertama cari posisi memori biasanya di bagian bawah laptop dan tutupnya bisa dibuka tanpa harus membongkar casing.

    Setelah membuka penutup memory kemudian buka memory dengan cara menekan pengunci yang ada di kedua sisi kemudian bersihkan konektor atau pin pin tembaga dengan menggunakan penghapus dan pasang kembali

    Langkah #3 Reset BIOS

    Untuk mereset BIOS maka harus membongkar casing laptop terlebih dahulu kemudian cari dimana posisi baterai BIOS baterai bios biasanya berbentuk bulat pipih seperti baterai jam tangan.

    Cabut baterai bios dengan hati-hati agar penguncinya tidak patah kemudian biarkan beberapa saat dan pasang kembali kemudian nyalakan laptop seperti biasa

    Langkah #4Cek Kabel Flexibel

    Kabel yang menghubungkan antara layar dengan mainboard laptop kerusakan pada fleksibel ini sering ditemukan pada beberapa tipe laptop kerusakan biasanya bisa dilihat dengan kasat mata kabel yang putus atau patah.

    Selain itu juga sering ditemukan soket pada konektor di layar dan di mainboard cabut dan pasang kabel fleksibel pada soket masing-masing untuk memastikan kabel terpasang dengan sempurna

    Langkah #5 Cek Layar

    Pertama perhatikan layar apakah terdapat pecah, kemudian coba terangin layar dengan lampu senter jika terlihat ada tampilan tetapi gelap ini menandakan backlight layar tidak menyala sebagaimana mestinya,

    Kerusakan backlight seperti ini bisa diperbaiki dengan mengganti backlight saja. Jika tidak ditemukan tampilan sama sekali coba hubungkan laptop dengan monitor menggunakan kabel VGA

    Jika laptop bisa tampil normal ke layar eksternal monitor maka bisa dipastikan kerusakan berada antara flexible dan layar.

    Langkah #6 Mainboard rusak

    Jika semua hal diatas sudah dilakukan namun jika tidak menemukan hasil maka bisa diprediksi mainboard laptop tersebut bermasalah

    Kerusakan Laptop blank hitam seperti ini sering ditemukan pada laptop yang memiliki chip VGA

    Salah satu indikator kerusakan chip VGA biasanya laptop terasa lebih panas dari normalnya, sebelum laptop benar benar blank hitam biasa nya diawali dengan tampilan artefak / pecah pecah.

    Penanganan laptop yang rusak chip VGA ini memerlukan ketrampilan khusus, menggunakan alat yang khusus pula. sebaiknya untuk kerusakan seperti ini di serahkan kepada yang memang sudah profesional dan berpengalaman agar bisa ditangani dengan tepat.

    Untuk Kerusakan Laptop blank hitam dikarenakan VGA Rusak Solusi perbaikan nya dapat ditemukan di artikel Solusi VGA Laptop Rusak, ini

    Bagi yang berdomisili di daerah pekanbaru dan sekitarnya bisa menggunakan jasa servis laptop bergaransi kami. untuk daerah lain bisa hubungi kami untuk rekomendasi tempat servis terdekat.

    Dalam kesimpulan, penting untuk diingat bahwa masalah layar laptop yang tetap hitam meskipun laptop menyala dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kerusakan perangkat keras hingga masalah perangkat lunak. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa penyebab umum termasuk kerusakan pada kabel fleksibel, panel layar, inverter, kartu grafis, dan lainnya.

    Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk melakukan langkah-langkah perbaikan yang tepat, mulai dari pemeriksaan fisik hingga penggantian komponen jika diperlukan. Selain itu, konsultasi dengan teknisi yang berkualifikasi dapat membantu dalam diagnosis yang lebih mendalam dan solusi yang sesuai.

    Dalam upaya mempertahankan kesehatan laptop Anda, disarankan untuk melakukan perawatan rutin dan memperhatikan tanda-tanda kerusakan yang mungkin timbul. Dengan demikian, Anda dapat memperpanjang umur laptop Anda dan memastikan pengalaman pengguna yang optimal.

    Back to top button